Para Selebriti Ini Memilih Kembali Ke Akar dan Mengusung Tradisi di Hari Pernikahan

8 months ago
Share:
Para Selebriti Ini Memilih Kembali Ke Akar dan Mengusung Tradisi di Hari Pernikahan

Akhir-akhir ini kita melihat cukup banyak selebriti Indonesia yang melangsungkan pernikahan. Kita turut berbahagia tentunya. Namun yang menarik adalah, banyak dari mereka yang mengusung tradisi atau budaya asal dalam rangkaian acara pernikahan mereka. 


Tentu saja ini sebuah fenomena yang menggembirakan. Di tengah maraknya anak muda yang tergila-gila pada K-Pop, juga anggapan bahwa tradisi itu ribet, para public figure ini justru mengangkat tradisi dalam momen istimewa mereka. Dengan begitu setidaknya kita berharap apa yang mereka lakukan diikuti oleh masyarakat umum, dan tradisi pernikahan yang ada di Indonesia akan tetap lestari. 


Kira-kira apa sesungguhnya alasan para pesohor ini menggunakan tradisi pada pernikahan mereka? Kita tengok yuk. 



Vidi Aldiano – Sheila Dara

Salah satu pasangan artis yang menikah pada awal tahun ini, tepatnya 15 January 2022, adalah Vidi Aldiano dengan Sheila Dara. Mengenakan adat Sunda pada akad nikah dan Minang pada resepsi, Sheila menjelaskan,”Kita memang pengen tiap rangkaian acara ada representasi dari darah orang tua masing-masing. Makanya lamaran Jawa, dari Papanya Vidi. Karena akadnya Sunda jadi acara pranikah Sunda.” Keduanya pun menjalani beragam prosesi adat seperti Siraman dan Ngeyeuk Sereuh.



Selanjutnya mengingat keduanya memiliki darah Minang, yaitu Vidi Aldiano dari ibu dan Sheila dari sang ayah, maka resepsi pernikahan pun digelar dalam adat Minang. 



Putri Tanjung – Guinandra Jatikusumo

Selebriti lain yang juga mengusung tradisi dalam pernikahannya adalah Putri Tanjung. Menikah dengan Guinandra Jatikusumo pada 20 Maret 2022, putri dari pengusaha Chairul Tanjung ini melangsungkan pernikahannya dalam adat Jawa Solo, dan tampil cantik di hari istimewa dalam balutan kebaya putih dan paes Solo. Pemilihan adat Jawa Solo ini dikarenakan ibunda Putri, Anita Tanjung berasal dari daerah Jawa dan menginginkan pernikahan putri pertamanya menggunakan adat Jawa, dan dipilihlah adat Jawa Solo. 



Beragam ritual pun dijalani salah satu Staf Khusus Presiden ini, mulai dari Siraman, Midodareni, hingga Panggih. Bukan hanya itu, bahkan sebelum pernikahan dilangsungkan, Putri menjalani ritual Pingitan, serta puasa Senin – Kamis, sesuai anjuran pakar pernikahan adat Jawa, Mamie Hardo.