Menyatukan Konsep Pernikahan Dengan Pasangan

1 month ago
Share:
Menyatukan Konsep Pernikahan Dengan Pasangan

Photo: @forelsketpicture 


Meski sudah sekian lama berpacaran dan merasa sudah mengerti satu sama lain, bukan berarti tak ada perbedaan keinginan antara kamu dan pasangan. Perbedaan bisa saja terjadi dalam berbagai hal, termasuk dalam menentukan konsep pernikahan. 


Misalnya kamu menyukai outdoor wedding dengan tema alam yang hijau dan membumi, sementara pasanganmu lebih memilih pernikahan di dalam ballroom hotel atau restaurant yang simpel, tanpa perlu memberikan perhatian ekstra terhadap hal-hal yang menurutnya tidak terlalu penting. Atau bisa saja perbedaan lain yang sifatnya cukup prinsip. 


Lalu, bagaimana agar semua dapat terwujud tanpa harus mengabaikan keinginan salah satu pihak? 


Photo: @forelsketpicture 


Tentukan Prioritas

Buat kesepakatan terlebih dulu, apa yang akan menjadi prioritas kamu dan pasangan. Akan ada berbagai masalah yang timbul sepanjang mempersiapkan pernikahan. Dengan skala prioritas yang jelas, kamu dan pasangan dapat menentukan masalah mana yang harus dihadapi terlebih dulu dan mana yang bisa ditunda untuk sementara. 


Bagi Tugas

Komunikasikan dengan jelas mengenai pembagian tugas dalam mempersiapkan pernikahan. Berikan tugas yang dia nyaman untuk mengerjakannya. Misalnya, ia lebih suka mengurus kartu undangan, MC & entertainment, jadikan itu tanggungjawabnya. Sementara kamu bisa fokus ke hal lain, sambil tetap memantau tugas pasanganmu tentunya. 


Photo: @ayanajakarta


Temukan Jalan Keluar yang Tepat

Terkadang ide-ide bermunculan begitu saja membuat kamu sulit menentukan mana yang sebaiknya direalisasikan. Ada baiknya kamu menulis semua ide dan konsep sejak awal, buat daftar lengkap, lalu diskusikan berdua ide mana yang bisa disatukan. Misalnya kamu menyukai warna-warna terang dan lembut, sementara pasangan lebih memilih warna gelap. Maka kamu bisa memilih warna lembut untuk dekorasi, kemudian warna yang lebih gelap untuk latar belakang pelaminan misalnya. Atau bisa juga kamu padukan warna lembut dan gelap pada busana. Misalnya kamu mengenakan kebaya dengan warna baby blue yang lembut dengan sentuhan biru tua, sementara pasanganmu mengenakan jas atau beskap biru tua dengan saputangan biru muda. Cantik dan memuaskan kedua belah pihak bukan?


@thetribrata



Pilih Venue yang Paling Disukai

Sudah mengunjungi beberapa venue tapi masih belum menemukan jalan keluar untuk menyatukan ide kamu berdua? Coba duduk berdua dan telusuri kembali venue-venue tersebut. Temukan salah satu yang benar-benar kamu dan pasangan sukai. Lalu pikirkan apakah mungkin menyatukan ide kalian berdua di tempat itu? Bila jawabannya mungkin, maka mulailah menyusun konsep dan segera book venue tersebut sebelum terlambat. 


Menggunakan Jasa Wedding Planner atau Wedding Stylist

Sudah mencoba berbagai alternatif tapi tak juga menemukan jalan keluar yang baik untuk kamu berdua? Coba gunakan jasa wedding planner. Sebagai orang yang terbiasa menangani pernikahan, semestinya mereka bisa mencari jalan keluar dan menyatukan ide dari dua kepala yang berbeda. Kamu juga bisa menggunakan jasa wedding stylist, yang akan mendengarkan perspektif dari masing-masing calon dan mengemasnya menjadi satu konsep yang cantik. 




Photo: @forelsketpicture @ayanajakarta  @thetribrata

Share: