Menjalani Long Distance Relationship? Ini Dia Sisi Positifnya!

6 months ago
Share:
Menjalani Long Distance Relationship? Ini Dia Sisi Positifnya!

Photo: @polar_photograph


Idealnya memang kita menjalani suatu hubungan dimana kita dan pasangan tinggal di satu kota yang sama, dapat bertemu setidaknya beberapa hari dalam seminggu, komunikasi berjalan dengan lancer, sehingga tidak perlu ada salah paham yang berkelanjutan. 


Tapi sayangnya, tidak semua hubungan berlangsung ideal. Ada saja kendala dalam sebuah hubungan. Salah satu pasangan harus tinggal di luar kota atau bahkan luar negeri misalnya, mengakibatkan keduanya harus menjalani hubungan jarak jauh, atau lebih dikenal dengan LDR (Long Distance Relationship). 


Berat menjalani LDR? Tentunya! Perbedaan waktu yang membuat komunikasi terhambat, jadwal yang bisa saja berbalik 180 derajat, semua berpotensi menimbulkan konflik dan perasaan curiga. Tapi jangan salah, LDR ada positifnya juga lho! Perbedaan jarak dan waktu justru membuat kita lebih terbiasa dan mahir dalam mengatur waktu untuk berkomunikasi, membuat hubungan jadi lebih kuat, dan bisa meningkatkan rasa percaya pada pasangan. 


Ketika memutuskan untuk menjalani hubungan LDR, pastikan dulu kamu dan pasangan telah saling mengenal degan baik. Ingat, kunci utama dalam menjalankan LDR adalah komitmen, karena dengan komitmen yang kuat, kamu dan pasangan akan berupaya menjaga kepercayaan satu sama lain saat sedang berjauhan. Nah, sebelum kamu yakin untuk menjalani hubungan jarak jauh ini, simak dulu yuk apa saja sisi positifnya.


Photo: @polar_photograph


Memiliki Ruang untuk Saling Berkembang 

Pasangan yang menjalani LDR memang tidak bisa menjalani hubungan layaknya pasangan normal. Tidak bisa kencan setiap malam minggu, kecuali saat salah satu pasangan sedang berkunjung, dan harus bisa mandiri karena tidak bisa menggantungkan segala urusan kepada pasangan. 


Kondisi ini membuat masing-masing memiliki banyak waktu untuk dihabiskan sendiri, memiliki lebih banyak ruang untuk fokus pada hal lain, seperti mengembangkan karir, menambah ilmu, atau melakukan hobi yang tertunda. Saat nanti tiba waktunya bagi kamu dan pasangan bisa bersama kembali tanpa dipisahkan jarak dan waktu, kalian berdua akan memiliki kualitas diri yang lebih baik dan lebih berkembang, yang tentunya akan baik untuk masa depan bersama. 


Lebih Menghargai Waktu Bersama

Waktu merupakan hal penting yang menjadi prioritas pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Buat pasangan yang menjalani LDR berbeda kota atau pulau tapi masih sama-sama di Indonesia, perbedaan waktu tidak terlalu menjadi masalah besar dibandingkan mereka yang menjalani LDR berbeda negara dan benua. Perbedaan waktu yang bisa mencapai belasan jam menjadi tantangan tersendiri dan perlu disiasati dengan bijak oleh masing-masing pihak.


Berbagai aplikasi chatting online atau video conference yang ada sekarang ini sangat membantu pasangan LDR. Kita tetap bisa merasa dekat karena masih bisa melihat pasangan melalui video dan bisa bertukar cerita. Tantangannya tentu perbedaan waktu dimana saat kita sudah waktunya tidur, pasangan justru baru saja bangun, dan sebagainya. 


Dalam kurun waktu tersebut, waktu yang dihabiskan saat salah satu berkunjung tentu menjadi momen langka yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebelum berkunjung, susunlah rencana tentang kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan bersama. Nah, keseruan seperti ini bisa membuat hubungan kalian berdua semakin dekat, dan kamu akan lebih menghargai waktu yang dihabiskan saat bersama.


Photo: @teinmiere


Menjadi Lebih Sabar

Tak mudah menjalani hubungan dengan perbedaan waktu dan jarak. Kesabaran kamu berdua akan sama-sama diuji. Bila pasangan ada dihadapanmu, tentu akan mudah untuk curhat atau menceritakan kekesalan yang kamu alami di hari itu, atau pengalaman seru yang kamu alami.


Menjalani hubungan dengan perbedaan jarak, apalagi waktu, membuat kamu menunda apapun yang ingin kamu sampaikan, yang rasanya ingin kamu katakan saat ini juga. Nah, justru disinilah kesabaranmu diuji. Kalau kamu dan pasangan sama-sama sanggup melewati ini semua, tentuk kalian berdua akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan lebih sabar dalam menghadapi situasi apapun.


Hubungan Menjadi Lebih Kuat

Berdasarkan hal-hal di atas tadi, ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menjalani hubungan jarak jauh, namun semua itu justru semakin menguatkan hubungan kamu dan pasangan. Menumbuhkan rasa percaya kepada pasangan, menambah kesabaran, menjaga komitmen, dan berbagai hal tersebut, tentu pada akhirnya akan membuat hubungan menjadi lebih kuat. Dan saat semua telah berhasil kamu lalui, kamu dan pasangan akan sama-sama menjadi lebih dewasa, dan tentu saja ini akan membuat hubungan kalian berdua akan semakin kuat.


Jadi, kalau memang kondisi memaksa kamu untuk menjalani hubungan jarak jauh, tak usah khawatir berlebihan ya, dengan tekad dan komitmen yang kuat, kalian pasti bisa kok.



Photo: @polar_photograph @teinmiere


Share: