Mengapa Sebaiknya Memilih Cincin Kawin Platinum?

7 days ago
Share:
Mengapa Sebaiknya Memilih Cincin Kawin Platinum?

Sekarang ini kebanyakan pasangan pengantin memilih logam berwarna putih sebagai cincin kawin. Kenapa? Karena logam putih cenderung terlihat lebih elegan dan tidak ketinggalan zaman. Selain itu lebih mudah juga untuk dipadankan dengan berbagai warna busana.


Selain emas putih, logam warna putih yang kerap menjadi pilihan adalah platinum. Memiliki harga yang lebih tinggi daripada emas, ternyata logam ini memiliki beberapa keunggulan. Apa saja keunggulan platinum? Mari kita simak.


1.Nilai jual tinggi

Disebut sebagai logam mulia yang 30 kali lebih langka dibandingkan emas, membuat platinum memiliki nilai jual yang tinggi sepanjang waktu. Kelangkaan ini juga membuat platinum lebih unik dan istimewa, sehingga tepat dijadikan simbol cinta. 


Selain itu, kadar platinum saat digunakan sebagai perhiasan adalah sekitar 90-95%. Sementara perhiasan emas hanya sekitar 58,5-75%. Artinya, logam mulia yang kita dapat lebih banyak saat membeli cincin dari platinum dibandingkan cincin emas. 



2. Tidak menimbulkan alergi

Sebagian orang kerap merasa gatal atau timbul ruam saat mengenakan perhiasan. Biasanya itu disebabkan oleh kandungan logam yang terdapat pada perhiasan. Beberapa logam terkadang menggunakan campuran logam yang dapat memicu reaksi alergi, misalnya kandungan nikel pada emas putih. 


Nah, reaksi alergi ini tidak akan dialami saat mengenakan perhiasan dari logam platinum. Karena perhiasan dari platinum biasanya menggunakan campuran logam mulia lain yang bersifat hypoallergenic, sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi saat digunakan. 



3. Terasa kualitasnya

Memiliki kepadatan tinggi, logam ini 60% lebih berat dibandingkan emas 14 karat dan 40% lebih berat dibanding emas 18 karat. Saat mengunjungi toko perhiasan, coba genggam cincin atau perhiasan dari platinum lalu bandingkan dengan perhiasan emas. Akan terasa platinum lebih berat dan lebih berkualitas.



4.Tahan lama dan bisa diwariskan

Beberapa logam mulia cenderung rapuh dan mudah retak. Sementara platinum padat dan kuat sehingga tak perlu khawatir cincin kamu menjadi rapuh. Platinum juga tahan terhadap kerusakan karena paparan kimia yang mengnadung sulfur dan asam hialuronat.


Bila dipakai setiap hari, permukaan platinum akan mengeras seiring berjalannya waktu, sehingga cincin kawin dari platinum tahan lama dan tidak perlu diperbaiki atau dibentuk ulang beberapa tahun ke depan. Karena ketahanannya ini bahkan cincin kawin platinum bisa diwariskan. Sehingga, bukan hanya memiliki nilai jual yang tinggi, cincin kamu juga akan memiliki nilai histori dan emosional yang tinggi. 


5.Dapat menahan batu permata lebih baik

Mungkin kamu pernah mendengar berlian atau batu permata lain terlepas dari cincin. Ini disebabkan logam penahannya menipis sehingga prong atau garpu yang menahan batu permata menjadi longgar. Atau bisa juga karena benturan keras membuat prong patah atau rusak.


Pada cincin kawin platinum, kekuatan dan ketahanan terhadap korosi membuatnya tidak mudah patah atau menipis, sehingga mampu menahan batu permata dengan lebih baik.


6. Tahan terhadap goresan 

Digunakan setiap hari, biasanya cincin kawin rentan terbentur, tertekan, atau tergores. Hal ini menyebabkan beratnya berkurang meski sedikit. Pada platinum, bila terjadi goresan akibat benturan, tidak akan mengikis logam tersebut, bekas goresannya pun dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan pemoles berkualitas tinggi. 


7.Tidak berubah warna

Perubahan warna kerap terjadi pada perhiasan, seperti emas putih yang perlahan pudar, atau perak yang lambat laun menghitam. Hal ini tidak terjadi pada platinum. Warna putihnya akan tetap sampai ulang tahun perkawinan beberapa tahun berikutnya.


8. Perawatan mudah


Seperti dijelaskan di beberapa item di atas, logam platinum tidak berubah bentuk juga tidak memudar sehingga tak perlu dilakukan perbaikan rangka atau pelapisan ulang. Dengan ketahanan tersebut, tentu tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk merawat cincin kawinmu agar tetap terlihat cantik.





Photo: @amorphotoworks


Share: