Ini Cara Memilih Buket Bunga Agar Tampilanmu Sempurna di Hari Pernikahan

6 days ago
Share:
Ini Cara Memilih Buket Bunga Agar Tampilanmu Sempurna di Hari Pernikahan

Photo: @houseofphotographers


Pengantin dan bunga adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Setia menemani pengantin di hari istimewanya, segenggam buket bunga pengantin. Kehadiran buket bunga yang tepat, akan menyempurnakan kecantikan pengantin. Namun salah memilih buket bunga, akan merusak kesempurnaan tampilan yang telah kamu rancang sebelumnya.


Nah, agar tidak salah pilih, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat kamu memilih buket pengantin?


Photo: @plumnpeachfloral


1. Sesuaikan dengan Gaun Pengantin

Karena buket pengantin akan dibawa oleh pengantin wanita, maka hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan antara bunga dengan gaun atau busana pengantin. Untuk gaun pengantin yang minimalis misalnya, pilihlah buket bunga yang juga minimalis. 


2. Perhatikan maknanya

Memilih bunga untuk buket pengantin juga bisa dilihat dari maknanya. Misalnya, rose atau mawar identik dengan cinta, lily adalah simbol kemurnian dan keindahan, hydrangea bermakna perasaan yang mendalam, peony melambangkan kemakmuran dan pernikahan bahagia, dan lain sebagainya.


3.Sesuaikan warna

Warna bunga pun memegang peranan penting. Buat kamu yang mengenakan kebaya, sesuaikan buket bunga dengan model dan warna kebayamu. Sementara buat yang mengenakan gaun, yang umumnya berwarna putih, pengantin kerap memilih warna senada seperti broken white atau putih gading.


Akan tetapi tak ada salahnya juga memilih warna lain, seperti pink, cream, peach atau selipkan warna yang lebih kuat seperti burgundy atau marun. Selama warna tersebut masih senada dengan dekorasi pernikahan, akan terlihat cantik dan serasi.


Photo:@littleusproject 


4. Bentuk Buket 

Ada beberapa bentuk buket pengantin, seperti bentuk nosegay yang hanya terdiri dari beberapa kuntum bunga, pomander yang menyerupai bola, round yang bentuk bagian atasnya membulat, posy yang sangat klasik seperti dipakai oleh Meghan Markle saat menikah dengan Pangeran Harry, atau cascading yang bentuknya menjuntai ke bawah. Apa pun bentuknya, pastikan dapat mendukug tampilan kamu secara keseluruhan. Untuk kamu yang bertubuh kecil, jangan memilih bunga berukuran terlalu besar.


5.Sesuaikan Musim

Memaksa memilih bunga yang sedang tidak musimnya untuk dimasukkan ke dalam buket kamu tentu akan menyusahkan pihak florist dan kamu sendiri akan kecewa karena tidak bisa mendapatkan hasil maksimal. Karenanya, pilih bunga yang memang mudah dicari di saat pernikahanmu, seperti peony di bulan Mei-Juni atau bunga krisan yang mekar di bulan Oktober.


6.Bujet

Semua harus ada bujetnya, termasuk buket bunga. Tapi ingat jangan membuang terlalu banyak dana demi sesuatu yang tidak terlalu penting. Sediakan anggaran yang kira-kira cukup masauk akal untuk buket bungamu.




Photo: @houseofphotographers @littleusproject @plumnpeachfloral




Share: