Cincin Kawin dan Cincin Tunangan Disematkan di Jari Yang Mana?

13 days ago
Share:
Cincin Kawin dan Cincin Tunangan Disematkan di Jari Yang Mana?

Di jari apa sebaiknya mengenakan cincin kawin dan cincin tunangan? Pertanyaan ini masih sering menghantui para calon pasangan pengantin atau mereka yang berpikir untuk serius menjalin hubungan.


Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk simak dulu beberapa hal berikut ini.


Sejarah mengenakan cincin 

Menurut sejarah, masyarakat Romawi kuno percaya kalau jari manis memiliki pembuluh darah yang menuju langsung ke jantung, yang dikenal dengan nama Vena Amoris atau "Vein of Love". Karena itu, pasangan kekasih harus mengenakan simbol cinta dan kesetiaannya pada jari manis itu. Meski belakangan terbukti bahwa setiap jari memiliki nadi yang mengarah ke jantung, namun tradisi menyematkan cincin di jari manis tetap dipertahankan. 



Di jari manis mana menyematkan cincin kawin?

Sebenarnya tidak ada aturan yang baku, kembali kepada pasangan masing-masing. Mengikuti kebiasaan di negara barat, cincin tunangan biasanya disematkan di jari manis sebelah kiri. Lalu bagaimana dengan cincin kawin? Ini juga tergantung pada pilihan masing-masing. Ada yang mengenakan cincin kawin di jari manis sebelah kanan, tetapi ada juga yang mengenakannya di jari manis sebelah kiri bersamaan dengan cincin tunangan.


Haruskah cincin kawin dikenakan setiap saat?

Banyak pasangan yang enggan melepas cincin kawin mereka dan mengenakannya sepanjang waktu. Ada juga yang merasa berdosa bila harus melepas cincin kawinnya. Kalau kamu termasuk orang yang tidak memiliki terlalu banyak kegiatan setiap harinya, mungkin tidak masalah membiarkan cincin tetap tersemat di jarimu setiap saat.


Tapi bila kamu termasuk orang yang aktif, mengenakan cincin setiap saat dapat mengakibatkan kerusakan pada cincin. Bisa logam atau permatanya tergores, atau dudukan batu menjadi longgar. Karena itu, sebaiknya lepaskan cincin ketika hendak memasak, membersihkan rumah, mandi, atau melakukan kegiatan aktif lainnya. Dan jangan lupa, bersihkan cincin secara berkala!



Photo: @adellejewellery

Share: