Bridesmaid dan Peran Pentingnya di Pesta Pernikahan

8 months ago
Share:
Bridesmaid dan Peran Pentingnya di Pesta Pernikahan

Orang-orang terdekat seperti orang tua, sahabat, saudara adalah orang-orang terdekat yang siap membantu kita mempersiapkan pernikahan, termasuk wedding organizer tentunya. 


Namun, ada satu orang lagi yang lebih-dari-siap untuk membuat pesta pernikahanmu lebih dari sempurna, siapakah itu? Yup, Bridesmaid atau pendamping mengantin wanita. 


Dalam benak banyak mungkin bridesmaid hanya dianggap sebagai ‘pemanis’ saja, padahal di balik itu, ternyata banyak lho 'tugas mulia’ yang dilakukan oleh sang pendamping untuk meringankan beban si calon pengantin. Kalau tiba-tiba saja sahabatmu memilihmu menjadi bridesmaid-nya, ini beberapa contekan tugas yang harus kamu jalani:



1. Tawarkan bantuan kepada calon pengantin secara spesifik. Tanyakan hal-hal seperti, “Jika kamu sibuk, bagaimana kalua aku bantu membeli keperluan untuk pernikahanmu?” daripada sekedar bertanya, “Apa yang bisa aku lakukan?”


2. Bantu calon pengantin untuk merencanakan, mengurus dan mengatasi urusan bayar membayar untuk acara bridal shower dan bachelorette party, bersama dengan bridesmaid lainnya.


3. Datang ke setiap latihan atau gladi resik acara pernikahan, entah itu pemberkatan atau akad nikah, maupun resepsi. Ini akan membantu kamu menguasai keadaan dan mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi.


4. Detik-detik terakhir menjelang resepsi, sebagai bridesmaid, bantu tenangkan hati calon pengantin dengan membantu memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar, seperti mengkonfirmasi kapan rangkaian bunga tangan akan tiba, bertemu dengan pihak vendor untuk memastikan semua berjalan dengan baik, bahkan juga memastikan kenyamanan keadaan ‘perut’ sang calon mempelai, dengan menyiapkan snack.



5. ‘Ramaikan’ lantai dansa ketika musik mulai dimainkan. Ajak bestman menjadi dance partner, dengan begitu diharapkan para tamu tidak akan malu-malu menjajaki lantai dansa, dan akan menikmati malam tersebut.


6. Dipilih menjadi bridesmaid, berarti calon pengantin percaya kamu akan membantu mereka meng-handle para tamu undangan. Karena itu, kamu akan menjadi ‘perpanjangan tangan’ dari kedua mempelai. Buatlah para tamu merasa nyaman dengan memperlakukan mereka seperti tamu di pestamu sendiri.


Itu tadi tugas-tugas seorang bridesmaid, dan bila kamu adalah calon pengantin yang sedang berpikir untuk memilih bridesmaid, pastikan orang yang kamu pilih bisa menjalani tugas-tugas tersebut ya. 


Photo: from IG @maudyayunda, @elizabeth.gani, @lifanaclara

Share: