Barang Wajib Dalam Seserahan

14 days ago
Share:
Barang Wajib Dalam Seserahan

Dalam pernikahan tradisional, biasanya ada satu prosesi yang dilakukan menjelang acara pernikahan, yaitu seserahan. Prosesi ini biasanya tidak berdiri sendiri, tapi disisipkan sebagai satu rangkaian ritual lain, seperti lamaran atau lainnya. 


Seserahan adalah pemberian hantaran seserahan pernikahan, yang umumnya dilakukan pihak keluarga pria untuk keluarga mempelai wanita sebagai simbol kesanggupan calon mempelai pria menafkahi calon istrinya kelak. 



Beberapa calon pengantin mungkin masih bingung, apa sih isi seserahan pernikahan ini? Meski tidak ada yang benar-benar bersifat wajib, biasanya seserahan berisi barang-barang keperluan calon pengantin wanita. 


Mengenai jumlah kotak seserahan, disesuaikan oleh kesepakatan bersama, tapi biasanya berjumlah ganjil mulai dari 5, 7, 9, 11 dan seterusnya. Nah, berikut beberapa barang yang dapat dijadikan hantaran untuk calon pengantin perempuan :



Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.


Pakaian Dalam

Untuk isi seserahan ini, biasanya calon pengantin wanita membeli atau memilihnya sendiri, baru kemudian diserahkan kepada pihak pria untuk dimasukkan ke dalam kotak seserahan dan dihias. Ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan. 

 


Perlengkapan Makeup

Begitu juga dengan perlengkapan makeup, tidak semua pria paham betul apa saja kosmetik yang digunakan oleh pasangannya bukan? Karenanya, calon pengantin wanita akan membelinya sendiri atau memberikan list kepada pihak pria. 


Perhiasan

Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Namun karena harganya cukup mahal, maka apa saja yang akan dibeli serta jenis perhiasannya dapat disepakati dan disesuaikan dengan budget. 



Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini bisa bermacam-macam, mulai dari kebaya dan kain, high heels, tas, hingga jam tanggan.


Makanan & Buah-buahan

Tentu saja tak lengkap rasanya hantaran tanpa makanan dan buah-buahan. Untuk beberapa daerah ada makanan khas yang bisa dimasukkan sebagai hantaran, misalnya roti buaya untuk masyarakat Betawi, ada juga yang membawa makanan manis, berisi harapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.



Photo: @riefinka_seserahan

Share: