7 Permata Cantik Untuk Alternatif Cincin Tunangan

3 months ago
Share:
7 Permata Cantik Untuk Alternatif Cincin Tunangan

Saat berbicara tentang cincin kawin atau cincin tunangan, biasanya pikiran kita langsung melayang kepada sebentuk berlian yang akan tertatah sebagai batu permata pemanis cincin. Padahal, selain berlian masih banyak lho batu permata lain yang menawarkan keunikan tersendiri, yang bisa jadi akan lebih sesuai dengan kepribadianmu. 


Berlian memang permata yang memiliki harga paling mahal. Berbeda dengan batu permata lain yang relatif lebih terjangkau. Namun keunikan bentuk serta keindahan warnanya membuat ragam batu permata ini terlihat stand out dan mampu mencuri perhatian. 


Akan tetapi, sebelum menjatuhkan pilihan dengan mantap pada salah satu permata, ada beberapa hal yang perlu dipastikan terlebih dulu. Misalnya, apakah warna dan bentuk batu permata tersebut benar-benar sesuai dengan karakter dan kepribadianmu? Selanjutnya, apakah permata pilihanmu tersebut memiliki daya tahan yang cukup kuat untuk dikenakan sehari-hari, mengingat tidak semua permata cocok untuk dikenakan dalam segala aktivitas. 


Nah, berikut ini alternatif berlian yang dapat dipertimbangkan untuk cincin pertunangan.



1.Aquamarine

Sesuai namanya, aquamarine memiliki karakteristik warna lembut layaknya laut biru. Semburat biru yang akan terlihat semakin cantik bila disematkan pada emas putih ataupun perak. Merepresentasikan kemurnian, harapan dan kesetiaan, warna biru lembut yang jernih membuat batu permata ini terlihat mahal dan elegan. Memiliki level kekerasan yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 7,5-8 pada skala mineral Mohs, nilai dari aquamarine biasanya tergantung pada kedalaman warna dan jumlah beratnya, seperti 1 karat aquamarine yang dibanderol dengan harga 675 USD atau setara Rp9,8 juta.


2.Amethyst

Kamu pecinta warna ungu? Maka batu permata amethyst mungkin tepat menjadi pilihanmu. Memiliki gurat warna yang indah dengan harga terjangkau, kekurangan batu permata ini terletak pada level kekerasan Mohs yang hanya di angka 7. Ini membuat batu ameythist tidak direkomendasikan untuk terus digunakan sepanjang hari. Harus dirawat dengan hati-hati, pemilik cincin dengan permata amethyst sebaiknya memberi perhatian lebih seperti, melepas cincin sebelum mandi, tidak mengenakannya saat aktivitas berat, juga menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung. 



3.Emerald

Warna hijaunya yang indah memukau membuat permata ini kerap digunakan sebagai perhiasan, hingga cincin pertunangan. Memiliki skala kekerasan hingga 7.5 pada skala mineral Mohs, emerald juga menuntut perawatan ekstra. Batu permata yang melambangkankeabadian cinta ini memiliki rating kekerasan hingga 7,5 pada skala mineral Mohs, sehingga memerlukan perawatan yang lebih saat akan dikenakan ataupun disimpan. 



4.Morganite

Morganite menjadi salah satu batu permata yang populer digunakan sebagai cincin pertunangan. Memiliki perpaduan warna lembut antara merah muda dan oranye, morganite sering dikaitkan dengan simbol keluguan, cinta, dan romansa. Memancarkan kilau cahaya yang menghadirkan kemewahan, morganite termasuk dalam batu permata dengan harga terjangkau. 

Sementara itu, dengan rentang kekerasan antara 7,5-8 skala mineral Mohs, morganite juga dapat dikenakan sehari-hari. 



5. Opal

Berwarna putih susu dengan permainan warna yang memesona dari berbagai sisi menjadi kelebihan opal. Tampilan opal yang begitu indah membuatnya popular dijadikan perhiasan. Sayangnya, level kekerasan opal hanya berkisar di 5 hingga 6,5 dalam skala mineral Mohs, ini membuat opal mudah berubah warna. Merawatnya dengan baik dan menyimpan kembali usai pemakaian seharian akan membantu merawat opal untuk tetap berada pada kondisi terbaik. 



6.Ruby

Sepertinya tak ada batu permata yang lebih tepat untuk mereka yang senang tampil menonjol selain ruby. Dominasi warna merah pada ruby kerap dilambangkan sebagai bentuk gairah, kekayaan dan kemakmuran. Dengan level kekerasan 9 pada skala Mohs, ruby dinilai lebih tangguh dibanding permata lain selain berlian, dan dihargai jauh lebih mahal pula. 



7. Sapphire

Lebih dikenal dengan warna biru elegan, sapphire juga hadir dalam beragam variasi warna, mulai dari oranye, kuning, hitam, ungu, ataupun hijau. Batu permata ini cocok buat kamu yang menyukai sentuhan klasik sekaligus kontemporer pada cincin tunangan. Kualitas batu permata sapphire ditentukan melalui bentuk dan warnanya. Meski memiliki potongan yang berbeda, tetapi batu sapphire bentuk oval diyakini dapat menonjolkan warna vibran terbaik. Seperti ruby, permata ini memiliki kekerasan mineral Mohs dengan skor 9, yang artinya, cincin tunangan dengan permata sapphire dapat digunakan untuk sehari-hari. 



Share: