Pahami Proses Administrasi Saat Mempersiapkan Pernikahan

15 days ago
Share:
Pahami Proses Administrasi Saat Mempersiapkan Pernikahan

Membayangkan sebuah pernikahan dimana gaun atau kebaya cantik membalut dengan anggun saat kamu bersanding sang pria pujaan, tentu merupakan mimpi sempurna akan sebuah pesta pernikahan. Akan tetapi jangan lupa, satu hal penting yang harus kamu lakukan sebelum sampai ke tahap tersebut adalah mengurus administrasi di KUA (Kantor Urusan Agama) atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


Hmm…kok langsung terbayang proses yang ribet dan gimanaa gitu. Nah, daripada belum apa-apa sudah membayangkan ribetnya, lebih cari tahu yuk, apa saja sih sebenarnya yang harus dipersiapkan.



1.Tentukan lokasi pernikahan

Penting untuk tahu pasti dimana kamu akan menikah. Kenapa? Karena ada beberapa prosedur yang dilalui. Misalnya kamu akan menikah di kota asal mempelai wanita, maka masing-masing calon harus mengurus di kelurahan masing-masing terlebih dulu, baru kemudian mengikuti prosedur selanjutnya. Lalu kalau menikah bukan di tempat asal mempelai wanita, maka ada prosedur lain lagi yang juga harus dilalui. 


2.Tentukan waktu pernikahan

Ingat, mengurus administrasi tak selesai dalam waktu semalam. Karenanya tentukan dulu tanggal atau setidaknyal bulan pernikahanmu. Lalu sediakan setidaknya 6 bulan untuk mengurus berkas dan mendapatkan penghulu yang akan menikahkanmu. Karena bukan hanya kamu berdua yang akan menikah, jadwal pak penghulu padat lho. Jadi usahakan tentukan tanggal dari jauh-jauh hari agar pihak KUA juga dapat mengirim penghulu pada hari yang diinginkan untuk mengesahkan pernikahanmu.



3.Siapkan berkas nikah

Masing-masing dari kamu harus menyiapan dokumen berikut untuk dibawa ke pengurus RT setempat:

- Pas foto ukuran 2x3 3 lembar dan ukuran 4x3 2 lembar dengan latar biru

- KTP asli dan fotokopi

- Kartu Keluarga C1, asli dan fotokopi

- Akte Kelahiran atau ijazah terakhir, asli dan fotokopi

Minta surat pengantar dan stempel dari RT dan RW, lalu bawa ke kantor Kelurahan untuk mendapatkan berkas lanjutan yang harus dilengkapi sebelum dibawa ke KUA. 


4. N1 hingga N4

Sebelum melangkah ke KUA, lengkapi berkas-berkas dari kantor Kelurahan berupa:

- N1: Surat Keterangan Nikah

- N2: Surat Keterangan asal-usul

- N3: Surat Keterangan Persetujuan Mempelai

- N4: Surat Keterangan Orang Tua

Untuk calon mempelai wanita, ada tambahan berkas lagi berupa:

- N5: Surat Keterangan Izin Orang Tua, bagi yang berumur dibawah 21 tahun

- Fotokopi imunisasi TT

Semua berkas akan diproses di KUA kecamatan. Jika lokasi akad nikah dan domisili calon pengantin berbeda, maka akan diberikan Surat Rekomendasi Menikah.