Biaya Pernikahan Harus Ditanggung Pria?

11 days ago
Share:
Biaya Pernikahan Harus Ditanggung Pria?

Berbicara mengenai biaya pernikahan memang cukup sensitif. Meski sudah sama-sama cinta dan memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, urusan yang satu ini terkadang memicu ketegangan antara kamu dan pasangan, juga antara kedua belah pihak orang tua. 


Sebetulnya tak perlu sampai bersitegang, karena ini bukanlah hal yang tidak bisa dibicarakan. Dengan beberapa acuan, seperti adat dan kebiasaan, juga keinginan kamu masing-masing, semua bisa didiskusikan dan dicari jalan tengah yang dapat menyenangkan semua pihak.



Mengikuti adat

Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, dan tiap suku memiliki tradisi yang berbeda berkaitan dengan pernikahan. Dalam tradisi masyarakat Jawa atau Sunda misalnya, karena biasanya pihak wanita yang punya hajat, maka biaya pernikahan pun ditanggung oleh keluarga wanita. Bila mempelai pria ingin menggelar hajatan juga biasanya mereka mengadakan acara yang disebut ‘Ngunduh Mantu’. 


Tradisi berbeda tentu berlaku pada masyarakat adat lain. Seperti mereka yang keturunan Cina misalnya, umumnya biaya pernikahan ditanggung oleh keluarga pria. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, hal tersebut tidak lagi berlaku baku. Sekarang ini semua bisa dibicarakan bersama. Pada masyarakat Jawa misalnya, pihak wanita tetap berlaku sebagai tuan rumah, tapi pihak pria juga diikutsertakan, sebagai timbal balik, pihak pria ikut menanggung biaya pernikahan. Begitu pun pada suku lain, semua dapat dibicarakan bersama.


Menurut aturan agama

Sementara itu, bila mengikuti ajaran agama, dalam Agama Islam misalnya, pihak pria dianjurkan menjadi pihak yang menanggung biaya, karena kelak pria berkewajiban menafkahi istrinya. Kembali lagi, semua bisa dibicarakan dan diselesaikan secara musyawarah.



Dibicarakan bersama

Apapun hasil akhirnya, mengenai biaya pernikahan ini sebaiknya dibicarakan bersama kedua belah pihak keluarga. Sekarang ini semua tidak mesti mengikuti aturan baku yang berlaku di era terdahulu. Bisa saja biaya pernikahan ditanggung Bersama oleh pihak pria dan wanita. Bahkan sekarang ini banyak pasangan pengantin yang memilih untuk membiayai sendiri pernikahan mereka, sehingga tidak lagi tergantung kepada orang tua. Mereka juga jadi lebih bebas menentukan konsep pernikahan sesuai keinginan mereka, tidak lagi mengikuti kemauan orang tua. 


Jadi tidak usah terlalu stress tentang biaya pernikahan ini ya, karena semua dapat dibicarakan dan dijalani sesuai kesepakatan bersama. 




Photo: @venemapictures

Share: